Thursday 23 June 2016

Nias 'Stone Jump' and their Meaning and Understanding History ('Lompat Batu' Nias Beserta Makna dan Pengertian sejarahnya)

Sumber foto: Wajah Nias
Ya'ahowu......!! (sapaan salam khas nias)

Apa itu Lompat batu atau fahombo (bahasa nias)?

Lompat Batu merupakan sebuah tradisi yang sangat populer yang dimiliki oleh masyarakat Nias khususnya Nias bagian Selatan.
Tradisi ini telah dilakukan sejak lama dan diwariskan turun temurun oleh masyarakat di nias. Tradisi lompat batu sudah dilakukan sejak jaman para leluhur, dimana pada jaman dahulu mereka sering berperang antar wilayah (Őri) sehingga mereka melatih diri mereka agar kuat dan mampu menembus benteng musuh yang konon cukup tinggi untuk dilompati. Atraksi Lompat Batu Nias merupakan budaya Nias yang sangat terkenal dan hanya satu-satunya di dunia.

Wah... unik sekali kalau begitu ya  :)

Atraksinya bisa kita lihat pada beberapa gambar di halaman blog ini yg saya ambil dari koleksi fotografer profesional di Nias.
Dulunya sebelum agama Kristen Protestan dan Katolik masuk di kepulauan Nias, sering terjadi perang antar desa terutama di Nias Selatan. Perang ini memiliki banyak pemicu seperti untuk memperluas wilayah pemerintahan desa atau disebabkan karena pelanggaran norma-norma adat yang merusak hubungan antar kampung.
Mengingat situasi geografis yang masih alami pada waktu itu, maka setiap orang yang akan pergi berperang harus dilatih terlebih dahulu tentang bagaimana strategi perang, dalam arti lompat batu pada awalnya adalah latihan untuk berperang.


Sumber Foto: Tropenmuseum




Salah satu pelatihan perang yang dilakukan adalah latihan melompat batu, latihan ini bertujuan agar para prajurit itu dapat melompati rintangan apapun di desa musuh, seperti pagar bambu, belukar dan rintangan lainnya. Manfaat bagi yang kalah adalah untuk menyelamatkan diri dengan melompati rintangan-rintangan tersebut dan manfaat bagi yang menang yakni bisa dengan mudah mengejar musuh untuk dimusnahkan. Itulah sebenarnya fungsi lompat batu pada awalnya. Karena untuk berperang seorang lelaki harus sudah dewasa, maka lompat batu sekaligus menjadi ajang pelatihan bagi seorang anak Nias untuk mencapai kedewasaan.

Ok gan....
Sekian dulu penjelasana singkatnya, semoga makna dan pengertian sejarah lompat batu/Hombo batu di blog ini dapat bermanfaat.

Ya'ahowu..... :)

No comments:

Post a Comment